Laman

Cari Blog Ini

Rabu, 21 September 2011

KEPUTUSAN, MASALAH, PEMECAHAN MASALAH dan PEMBUATAN KEPUTUSAN

1. Rumuskan apa itu utusan/keputusan !

James A.F.Stoner (Hasan, 2004) memberikan definisi atau pengertian keputusan sebagai pemilihan di antara alternatif-alternatif. Definisi ini mengandung tiga pengertian, yaitu:
(a) Ada pilihan atas dasar logika atau pertimbangan.
(b) Ada beberapa alternatif yang harus dan dipilih salah satu yang terbaik. (c) Ada tujuan yang ingin dicapai, dan keputusan itu makin mendekatkan pada tujuan tertentu.
Prof. Dr. Prajudi Atmosudirjo, SH (Hasan, 2004) memberikan definisi atau pengertian keputusan sebagai suatu pengakhiran daripada proses pemikiran tentang suatu masalah atau problem untuk menjawab pertanyaan apa yang harus diperbuat guna mengatasi masalah tersebut, dengan menjatuhkan pilihan pada suatu alternatif.
Jadi, keputusan adalah suatu pilihan alternatif sebagai akhir dari proses pemikiran tentang pemecahan suatu masalah.

2. Apa itu masalah !

Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia, masalah merupakan sesuatu yang harus diselesaikan atau dipecahkan.
Jadi, masalah adalah suatu kendala atau persoalan yang harus dipecahkan, masalah juga merupakan kesenjangan antara kenyataan dengan sesuatu yang diharapkan dengan baik.

3. Jelaskan hubungan pembuatan keputusan dengan pemecahan masalah !
Pembuatan keputusan merupakan proses pendekatan sistematis terhadap suatu masalah, mulai dari identifikasi dan perumusan masalah, pengumpulan dan penganalisaan data dan informasi, pengembangan dan pemilihan alternatif, serta pelaksanaan tindakan yang tujuannya untuk memperbaiki keadaan yang belum memuaskan.
Pemecahan masalah merupakan proses penanggulangan suatu rintangan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Proses penyelesaian masalah terdiri dari identifikasi masalah, analisis masalah, penilaian pemecahan, pemilihan dan pelaksanaan solusi masalah yang terbaik.
Jadi hubungan antara pembuatan keputusan dengan penyelesaian masalah yaitu pembuatan keputusan merupakan penyelesaian suatu masalah yang melalui proses sistematis diantaranya yaitu identifikasi masalah, rumusan masalah, analisis masalah, hingga pelaksanaan pemecahan masalahnya.

Sumber:
1. http://id.shvoong.com/business-management/management/1943083-pemecahan-masalah-dalam-kelompok/#ixzz1XQnBzaqu
2. http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/universities-research-institutions/2186651-pengertian-keputusan/#ixzz1XERytjaW
3. http://id.shvoong.com/humanities/theory-criticism/2020002-pengertian-masalah/#ixzz1XEShnLuq

nama : Octaviani Nur (1001629)
jurusan : Administrasi Pendidikan 2010
semester : 3 (ganjil)
matakuliah : Manajemen Pembuatan Keputusan
Universitas Pendidikan Indonesia

1 komentar: