Laman

Cari Blog Ini

Selasa, 23 Oktober 2012

WORLD CLASS


Pendidikan dan penguasaan teknologi sangatlah penting pada era globalisasi saat ini, pendidikan dan teknologi pun sangat berpengaruh pada kemampuan menguasai berbagai macam bahasa dan pengetahuan dunia, sebab segala sesuatunya mengacu pada interaksi terhadap dunia yang memberikan tuntutan kepada kita semua untuk dapat menguasai bahasa maupun segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia. Tetapi pada kenyataannya masyarakat indonesia saat ini masih menstandarkan kurikulum dan nilai yang kecil untuk batas minimum nilai permatapelajaran. Maka sulit sekali bagi masyarakat Indonesia pada umumnya untuk berinteraksi kepada dunia. Hal ini merupakan tuntutan untuk negara Indonesia agar dapat lebih maju dalam dunia pendidikan dan teknologi, sehingga negara Indonesia dapat bersaing secara mudah di dunia Internasional.

Dimasa yang akan datang, mau tidak mau setiap bangsa di dunia pun harus membangun kompetensi global, karena di era global menurut Rosabeth Moss Kanter (dalam Bahrul Hayat, 2010;5) dibutuhkan sumber daya yang memiliki ketrampilan menemukan konsep-konsep baru, membuka jaringan dan memiliki kompetensi untuk memenuhi standar pekerjaan yang paling tinggi atau yang dikenal dengan 3-C (Concept, competence, connection) yang akan menjadi world class.

World class menjadi kata kunci penting di era global ini, Apakah sistem pendidikan kita juga memberikan ruang bagi anak bangsanya untuk menjadi world class? Apakah tatanan pendidikan yang dibangun di Indonesia memberikan dasar-dasar kompetensi global (global competencies) yang diperlukan di era sekarang? Sejauh manakah perbedaan standar mutu kompetensi lulusan siswa kita jika dibandingkan dengan siswa seusia di mancanegara? Strategi apa yang telah dirumuskan sekolah agar mampu bersaing dan memiliki output yang world class? Munculnya Sekolah Bertaraf International (SBI) di Indonesia apakah bisa dianggap sebagai langkah maju untuk menjawab perlu dikembangannya pendidikan setara luar negeri atau Internasional ?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar