A. Topik
PERAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL
DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI DAN TEKNOLOGI
Pendidikan dan penguasaan teknologi sangatlah
penting pada era globalisasi saat ini, pendidikan dan teknologi pun sangat
berpengaruh pada kemampuan menguasai berbagai macam bahasa dan pengetahuan
dunia, sebab segala sesuatunya mengacu pada interaksi terhadap dunia yang
memberikan tuntutan kepada kita semua untuk dapat menguasai bahasa maupun
segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia. Tetapi pada kenyataannya
masyarakat indonesia saat ini masih menstandarkan kurikulum dan nilai yang
kecil untuk batas minimum nilai permatapelajaran. Maka sulit sekali bagi
masyarakat Indonesia pada umumnya untuk berinteraksi kepada dunia. Hal ini
merupakan tuntutan untuk negara Indonesia agar dapat lebih maju dalam dunia
pendidikan dan teknologi, sehingga negara Indonesia dapat bersaing secara mudah
di dunia Internasional.
B.
Kajian
Literatur
Dimasa yang akan datang, mau tidak mau
setiap bangsa di dunia pun harus membangun kompetensi global dan teknologi,
karena di era global menurut Rosabeth Moss Kanter (dalam Bahrul Hayat, 2010;5)
dibutuhkan sumber daya yang memiliki ketrampilan menemukan konsep-konsep baru,
membuka jaringan dan memiliki kompetensi untuk memenuhi standar pekerjaan yang
paling tinggi atau yang dikenal dengan 3-C (Concept, competence, connection).
C. Research Questions
Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) menjadi
kata kunci penting di era global dan teknologi ini, Apakah sistem pendidikan
kita juga memberikan ruang bagi anak bangsanya untuk bersaing di dunia global?
Apakah tatanan pendidikan yang dibangun di Indonesia memberikan dasar-dasar
kompetensi global (global competencies) yang diperlukan di era sekarang?
Sejauh manakah perbedaan standar mutu kompetensi lulusan siswa kita jika
dibandingkan dengan siswa seusia di mancanegara? Strategi apa yang telah
dirumuskan sekolah agar mampu bersaing dan memiliki output yang mampu bersaing di dunia? Munculnya
Sekolah Bertaraf International (SBI) di Indonesia apakah bisa dianggap sebagai
langkah maju untuk menjawab perlu dikembangannya pendidikan setara luar negeri
atau Internasional?
D.
Variabel
1)
Sekolah
Bertaraf Internasional (SBI) à variabel X; dan
2)
Globalisasi
dan Teknologi à variabel Y.
E.
Definisi
Konseptual
1) Sekolah Bertaraf Internasional (SBI)
a) Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) merupakan
sebuah jenjang sekolah nasional di Indonesia dengan
standar mutu internasional. Proses belajar mengajar di sekolah ini
menekankan pengembangan daya kreasi, inovasi, dan
eksperimentasi untuk memacu ide-ide baru yang belum pernah ada;
b) SBI adalah sekolah nasional yang
menyiapkan peserta didiknya berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP)
Indonesia dan tarafnya internasional sehingga lulusannya memiliki kemampuan
daya saing internasional.
2) Globalisasi dan Teknologi
a)
Emanuel
Ritcher: Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan
masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi kedalam saling
ketergantungan dan persatuan dunia.
b)
Malcom
Waters: Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan
geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma
didalam kesadaran orang.
c)
Thomas L.
Friedman: Globlisasi memiliki dimensi ideology dan teknlogi. Dimensi teknologi
yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi
informasi yang telah menyatukan dunia.
d)
Princenton
N. Lyman: Globalisasi
adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan
antara Negara-negara didunia dalam hal perdagangan dan keuangan.
e)
Teknologi adalah istilah yang merujuk
pada apa pun yang dapat dikatakan di setiap periode sejarah tertentu. Teknologi
dimulai dengan konversi sumber daya alam menjadi peralatan sederhana. Teknologi
membantu manusia dalam segala hal, baik dalam industi, pertanian, dan lain-lain.
F.
Definisi Operasional
Sekolah Bertaraf Internasional (SBI)
merupakan sekolah yang bermuatan kurikulum internasional dari segi pengetahuan,
bahasa, budaya, dan lain-lain sehingga sekolah tersebut dapat mempersiapkan
input atau peserta didik menjadi output atau keluaran yang siap bersaing di
dunia.
Globalisasi dan teknologi yaitu sebuah
pertumbuhan teknologi yang sangat cepat dan bersifat menyeluruh ke setiap
pelosok dunia dalam aspek pendidikan, sosial, ekonomi, dan lain-lain.
Matriks
NO
|
VARIABEL
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
1.
|
Sekolah Bertaraf
Internasional
|
Kurikulum
|
Kurikulum yang digunakan berbasis internasional
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan yang dipelajari berdasarkan dari ilmu pengetahuan tentang
dunia baik sains , geografis, maupun sejarah, dan lain-lain.
|
||
Bahasa
|
Bahasa yang dipelajari minimal 3 bahasa, yaitu Bahasa Indonesia,
Bahasa Inggris, dan Bahasa Asing (pilihan).
|
||
Budaya
|
Selain mempelajari tentang budaya asli Indonesia, budaya dunia juga
perlu dipelajari meski hanya sekedar mengetahui saja.
|
||
2.
|
Globalisasi dan Teknologi
|
Pendidikan
|
Setiap lembaga pendidikan selalu mengikuti perkembangan teknologi
agar tidak tertinggal dengan negara lain dan memperkaya bahasa agar siap
bersaing di dunia.
|
|
|
Sosial
|
Masyarakat sosial mendukung adanya globalisasi dan perkembangan
teknologi di wilayahnya.
|
|
|
Ekonomi
|
Ekonomi dalam globalisasi merujuk pada perekonomian dunia dan pasar
bebas dan peran serta teknologi ada disetiap pendataan, transaksi, dan
lain-lain didalamnya.
|
G. Referensi
1)
Aalmarusy. (2012). [Online]. Available at: http://aalmarusy.blogspot.com/2012/01/pengertian-globalisasi.html[Oktober 14, 2012]
2)
Isom. (2012). [Online]. Available at: http://www.isomwebs.com/2011/contoh-makalah-plh-%C2%BB-dampak-teknologi/
3)
primatungkal. (2012). [Online]. Available at: http://primatungkal.wordpress.com/seko lah-bertaraf-internasional/
4)
[Online]. Available at: http://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_bertaraf_internasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar