Nama : Octaviani nur
NIM : 1001629
Manajemen Kurikulum
Administrasi Pendidikan
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Negeri ADPEND
Kelas/Semester : IV/1
Mata Pelajaran : Matematika
Jumlah Pertemuan : 2 x pertemuan
A. Standar Kompetensi
1. Memahami dan menggunakan faktor dan
kelipatan dalam
pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
1. Menentukan kelipatan persekutuan
terkecil (KPK) dan faktor
persekutuan terbesar (FPB)
C. Indikator
1. Menentukan KPK dari 2 bilangan
2. Menentukan KPK dari 3 bilangan
3. Menentukan FPB dari 2 bilangan
4. Menentukan FPB dari 3 bilangan
D. Tujuan
1. Pertemuan 1
a. Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan kontekstual yang
berkaitan dengan KPK
b. Siswa dapat menentukan KPK dari 2
atau 3 bilangan
2. Pertemuan 2
a. Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan kontekstual yang
berkaitan dengan FPB
E. Kemampuan Prasyarat
1. Memahami konsep perkalian dua
bilangan satu angka (perkalian
dasar)
2. Menentukan kelipatan dan faktor
bilangan
F. Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran (@ 35 menit)
G. Media/Alat dan Sumber Belajar
1. Lembar Kerja Siswa (LKS)
2. Lembar Tugas Siswa (LTS)
4. Buku matematika untuk kelas IV
H. Metode Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran:
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan-1
1. Pendahuluan
a. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan pokok-pokok
materi yang akan dipelajari;
b. Melalui tanya jawab, guru
mengingatkan kembali
tentang perkalian dua bilangan satu
angka, kelipatan, dan faktor
suatu bilangan;
c. Penjelasan tentang pembagian
kelompok dan cara belajar.
2. Inti
a. Siswa bekerja dalam kelompok
menyelesaikan permasalahan yang
diajukan guru. Guru berkeliling untuk
mengamati, memotivasi, dan memfasilitasi serta membantu siswa yang memerlukan
bantuan;
b. Siswa wakil kelompok
mempresentasikan hasil penyelesaian dan
alasan atas jawaban permasalahan yang
diajukan guru;
c. Siswa bekerja dalam kelompok
menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan KPK dari dua atau 3
bilangan;
d. Guru bersama siswa membahas kaitan
permasalahan dengan KPK;
e. Siswa dalam kelompok menyelesaikan
lembar kerja (LKS) yang diajukan guru. Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi,
dan memfasilitasi kerja sama;
f. Siswa wakil kelompok
mempresentasikan hasil kerja kelompok
dan kelompok yang lain menanggapi
hasil kerja kelompok yang mendapat tugas;
g. Dengan mengacu pada jawaban siswa,
melalui tanya jawab, guru dan siswa membahas penyelesaian masalah yang
seharusnya;
h. Guru dan siswa membuat penegasan
atau kesimpulan cara mencari atau menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih;
i. Guru mengadakan refleksi dengan
menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang dirasakan siswa, materi yang belum
dipahami dengan baik, kesan dan pesan selama mengikuti pembelajaran.
3. Penutup
a. Guru dan siswa membuat kesimpulan
cara menentukan KPK dari
dua atau lebih bilangan;
b. Siswa mengerjakan lembar tugas;
c. Siswa menukarkan lembar tugas satu
sama lain. Setelah itu, guru
bersama siswa membahas penyelesaian
lembar tugas dan
sekaligus dapat memberi nilai pada
lembar tugas sesuai
kesepakatan yang telah diambil (ini
dapat dilakukan apabila waktu
masih tersedia).
Pertemuan-2
1. Pendahuluan
a. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan pokok-pokok materi yang akan dipelajari;
b. Melalui tanya jawab dengan siswa,
guru mengingatkan tentang perkalian 2 bilangan satu angka dan faktor bilangan;
c. Penjelasan tentang pembagian
kelompok dan cara belajar.
2. Inti
a. Siswa bekerja dalam kelompok
menyelesaikan permasalahan yang diajukan guru. Guru berkeliling untuk mengamati,
memotivasi, dan memfasilitasi serta membantu siswa yang memerlukan bantuan;
b. Siswa wakil kelompok
mempresentasikan permasalahan yang diajukan guru dan kelompok yang lain
menanggapi hasil kerjan kelompok yang mendapat tugas;
c. Guru bersama siswa membahas kaitan
permasalahan;
d. Siswa dalam kelompok menyelesaikan
lembar kerja (LKS) yang diajukan guru. Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi,
dan memfasilitasi kerja sama;
e. Siswa wakil kelompok
mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok yang lain menanggapi hasil
kerja kelompok yang mendapat tugas;
f. Dengan mengacu pada jawaban siswa,
melalui tanya jawab guru, dan siswa membahas penyelesaian masalah yang
seharusnya;
g. Guru dan siswa membuat penegasan
atau kesimpulan cara mencari atau menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih;
h. Guru mengadakan refleksi dengan
menanyakan kepada siswa tentang hal-hal atau materi yang belum dipahami dengan
baik, kesan dan pesan atau hal-hal yang dirasakan siswa selama mengikuti
pembelajaran.
3. Penutup
a. Guru dan siswa membuat kesimpulan
cara menentukan FPB dari dua atau lebih bilangan;
b. Siswa mengerjakan lembar tugas;
c. Siswa menukarkan lembar tugas satu
sama lain. Setelah itu, guru bersama siswa membahas penyelesaian lembar tugas
dan siswa sekaligus memberi nilai pada lembar tugas sesuai kesepakatan yang
telah diambil (ini dapat dilakukan apabila waktu masih
tersedia).
J. Penilaian
1. Penilaian proses dilakukan pada
saat siswa melakukan diskusi dan
presentasi, yaitu keterlibatan dan
aktifitas siswa dalam kelompok
serta partisipasi siswa selama proses
pembelajaran;
2. Penilaian hasil didasarkan pada
hasil kerja siswa seperti penyelesaian
permasalahan lembar kerja dan lembar
tugas atau latihan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar