Laman

Cari Blog Ini

Senin, 21 November 2011

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah Dasar (SD)


Nama : Octaviani nur
NIM : 1001629
Manajemen Kurikulum
Administrasi Pendidikan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri ADPEND
Kelas/Semester : IV/1
Mata Pelajaran : Matematika
Jumlah Pertemuan : 2 x pertemuan
A. Standar Kompetensi
1. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam
pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
1. Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor
persekutuan terbesar (FPB)
C. Indikator
1. Menentukan KPK dari 2 bilangan
2. Menentukan KPK dari 3 bilangan
3. Menentukan FPB dari 2 bilangan
4. Menentukan FPB dari 3 bilangan
D. Tujuan
1. Pertemuan 1
a. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan kontekstual yang
berkaitan dengan KPK
b. Siswa dapat menentukan KPK dari 2 atau 3 bilangan
2. Pertemuan 2
a. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan kontekstual yang
berkaitan dengan FPB
E. Kemampuan Prasyarat
1. Memahami konsep perkalian dua bilangan satu angka (perkalian
dasar)
2. Menentukan kelipatan dan faktor bilangan
F. Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran (@ 35 menit)
G. Media/Alat dan Sumber Belajar
1. Lembar Kerja Siswa (LKS)
2. Lembar Tugas Siswa (LTS)
4. Buku matematika untuk kelas IV
H. Metode Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran:
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan-1
1. Pendahuluan
a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan pokok-pokok
materi yang akan dipelajari;
b. Melalui tanya jawab, guru mengingatkan kembali
tentang perkalian dua bilangan satu angka, kelipatan, dan faktor
suatu bilangan;
c. Penjelasan tentang pembagian kelompok dan cara belajar.
2. Inti
a. Siswa bekerja dalam kelompok menyelesaikan permasalahan yang
diajukan guru. Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi, dan memfasilitasi serta membantu siswa yang memerlukan bantuan;
b. Siswa wakil kelompok mempresentasikan hasil penyelesaian dan
alasan atas jawaban permasalahan yang diajukan guru;
c. Siswa bekerja dalam kelompok menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan KPK dari dua atau 3 bilangan;
d. Guru bersama siswa membahas kaitan permasalahan dengan KPK;
e. Siswa dalam kelompok menyelesaikan lembar kerja (LKS) yang diajukan guru. Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi, dan memfasilitasi kerja sama;
f. Siswa wakil kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok
dan kelompok yang lain menanggapi hasil kerja kelompok yang mendapat tugas;
g. Dengan mengacu pada jawaban siswa, melalui tanya jawab, guru dan siswa membahas penyelesaian masalah yang seharusnya;
h. Guru dan siswa membuat penegasan atau kesimpulan cara mencari atau menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih;
i. Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang dirasakan siswa, materi yang belum dipahami dengan baik, kesan dan pesan selama mengikuti pembelajaran.
3. Penutup
a. Guru dan siswa membuat kesimpulan cara menentukan KPK dari
dua atau lebih bilangan;
b. Siswa mengerjakan lembar tugas;
c. Siswa menukarkan lembar tugas satu sama lain. Setelah itu, guru
bersama siswa membahas penyelesaian lembar tugas dan
sekaligus dapat memberi nilai pada lembar tugas sesuai
kesepakatan yang telah diambil (ini dapat dilakukan apabila waktu
masih tersedia).
Pertemuan-2
1. Pendahuluan
a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan pokok-pokok materi yang akan dipelajari;
b. Melalui tanya jawab dengan siswa, guru mengingatkan tentang perkalian 2 bilangan satu angka dan faktor bilangan;
c. Penjelasan tentang pembagian kelompok dan cara belajar.
2. Inti
a. Siswa bekerja dalam kelompok menyelesaikan permasalahan yang diajukan guru. Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi, dan memfasilitasi serta membantu siswa yang memerlukan bantuan;
b. Siswa wakil kelompok mempresentasikan permasalahan yang diajukan guru dan kelompok yang lain menanggapi hasil kerjan kelompok yang mendapat tugas;
c. Guru bersama siswa membahas kaitan permasalahan;
d. Siswa dalam kelompok menyelesaikan lembar kerja (LKS) yang diajukan guru. Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi, dan memfasilitasi kerja sama;
e. Siswa wakil kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok yang lain menanggapi hasil kerja kelompok yang mendapat tugas;
f. Dengan mengacu pada jawaban siswa, melalui tanya jawab guru, dan siswa membahas penyelesaian masalah yang seharusnya;
g. Guru dan siswa membuat penegasan atau kesimpulan cara mencari atau menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih;
h. Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang hal-hal atau materi yang belum dipahami dengan baik, kesan dan pesan atau hal-hal yang dirasakan siswa selama mengikuti pembelajaran.
3. Penutup
a. Guru dan siswa membuat kesimpulan cara menentukan FPB dari dua atau lebih bilangan;
b. Siswa mengerjakan lembar tugas;
c. Siswa menukarkan lembar tugas satu sama lain. Setelah itu, guru bersama siswa membahas penyelesaian lembar tugas dan siswa sekaligus memberi nilai pada lembar tugas sesuai kesepakatan yang telah diambil (ini dapat dilakukan apabila waktu masih
tersedia).
J. Penilaian
1. Penilaian proses dilakukan pada saat siswa melakukan diskusi dan
presentasi, yaitu keterlibatan dan aktifitas siswa dalam kelompok
serta partisipasi siswa selama proses pembelajaran;
2. Penilaian hasil didasarkan pada hasil kerja siswa seperti penyelesaian
permasalahan lembar kerja dan lembar tugas atau latihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar